Catatan Magang – Pertemuan Pertama : Penyusunan Program & Jadwal

Jumat, 23 September 2011

Sabtu, 17 September 2011

Hari ini merupakan hari pertama kami untuk mengajar ke SMK 18 Jakarta Selatan. Sebelumnya kami sudah dua kali ke SMK 18, yaitu satu hari sebelum Idul Fitri dan dua hari sebelum mengajar, yaitu hari Kamis, tanggal 15 September 2011.
Namun dalam dua pertemuan tersebut, kami hanya bertemu dengan ibu kepala sekolah pada tanggal 15 September 2011.
Kami sampai di SMKN 18 sekitar pukul 8 pagi. Kami berangkat berdua, Tri Wulandani dan Zulfiandri. Sewaktu sampai di SMKN 18, kamu langsung dipersilakan masuk ke ruang ibu kepala sekolah, Ibu Idawati. Di sana kami bertemu dengan anggota kelompok kami juga tapi dari D3-AMIK, yaitu Riskia. Kami bertiga bersama Ibu Ida berdiskusi tentang program apa yang akan kami lakukan selama magang mengajar di sekolah.

Diskusi berlangsung selama kurang lebih 1 jam, program yang akan kami jalankan yaitu pembelajaran E-learning, sesuai permintaan dan kesepakatan Ibu Ida. Pembelajaran e-learning ini berfokus pada ujian online, dengan menggunakan komputer, paperless untuk siswa kelas XII. Kami memberitahukan bahwa ada software untuk itu, yang kami maksudkan adalah Moodle. Maka kemudian kami membuat jadwal pelaksanaan magang, disepakati mulai dari Sabtu, 24 September s.d 29 Oktober 2011, dengan detail jadwal sbb:
Hari, tanggal
Kegiatan
Sabtu, 24 September 2011
Pengenalan E-Learning
Sabtu, 1 Oktober 2011
Percobaan Menjawab Soal Matematika
Sabtu, 8 Oktober 2011
Percobaan Menjawab Soal Bahasa Indonesia
Sabtu, 15 Oktober 2011
Percobaan Menjawab Soal Bahasa Inggris
Sabtu, 22 Oktober 2011
Percobaan Menjawab Soal Kewirausahaan
Sabtu, 29 Oktober 2011
Evaluasi

Untuk waktu dimulainya magang, mulai pukul 08.00 s.d 11.30. Soal yang diujicobakan baru empat mata pelajaran, karena disesuaikan dengan batas waktu kami magang hanya sampai Oktober, maka dipilih empat mata pelajaran umum saja.

Setelah selesai berdiskusi, kami bertiga diminta Ibu Ida untuk mengajar siswa-siswa kelas X dan XI yang datang ekskul TIK. Bahan ajarnya melanjutkan pelajaran pekan sebelumnya, yaitu tentang pembuatan webblog. Maka kami bertiga memberikan pelajaran tentang pembuatan blog di blogspot dan wordpress. Detail bahan yang kami ajarkan hari ini yaitu :
1. Pembuatan blog di blogspot (blogger.com) dan wordpress.com
2. Kostumisasi blog :
a.       Mengganti template blog
b.      Mengganti favicon
c.       Menambahkan lencana (badge) Facebook ke blog

Respon yang diberikan siswa cukup baik dan menyenangkan, mereka antusias dalam memcoba-coba untuk meng-kostumisasi masing-masing blog mereka. Banyak yang aktif bertanya, dan tidak malu untuk menyampaikan pendapatnya.

Ternyata kami mengajar sampai pukul 12.00, lebih setengah jam dari waktu yang ditentukan. Kemudian setelah memastikan semua siswa sudah faham dan sudah menyelesaikan tugas-tugasnya untuk kostumisasi blog, kami menutup kelas dan berpamitan.

0 comments:

Posting Komentar

 
Kelompok 2 D4- ITB © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets