Catatan Magang-Pergantian Teknis Program

Minggu, 25 September 2011

Sabtu, 24 September 2011

Kembali kami naiki angkot putih bertuliskan D15 yang kami tunggu dari depan kampus AMIK. Angkot melaju mengantarkan kami untuk menuju SMKN 18 Jakarta Selatan untuk magang mengajar e-learning di sana. Sampai persimpangan kami turun dari angkot putih dan berganti angkot.
Mobil biru bertuliskan D01 yang kemudian mengantarkan kami sampai ke jalan masuk untuk ke sekolah.
Waktu menunjukkan pukul 8.15, itu artinya kami sudah terlambat 15 menit. Kami segera bergegas berjalan lebih cepat agar cepat sampai ke sekolah. Sesampainya di sekolah, kami langsung menuju kantor kepala sekolah. Ibu Ida sudah berada di kursinya dan mempersilakan kami masuk. Kami diberitahu kalau siswa kelas XII yang datang cuma 1 orang dan siswa kelas X juga 1 orang. Namun beliau berkata meskipun sedikit tetap harus ada pengajaran. 

Kemudian kami berdua bersama dua siswa tersebut menuju ke lantai atas untuk masuk ke lab akuntansi. Persiapan dilakukan, dengan menyalakan lampu, listrik, menghidupkan komputer, dan mengecek materi yang telah disiapkan. Kelas dibuka oleh Zulfiandri, menerangkan tentang penjelasan e-learning yang disampaikan dalam bentuk slide presentasi powerpoint. Setelah penjelasan e-learning selesai, materi dilanjutkan dengan contoh e-learning yang telah kami buat dengan Moodle 2.1. Untuk materi contoh dan praktek e-learning ini disampaikan oleh Tri Wulandani. Ternyata muncul beberapa masalah dalam moodle yang kami buat dan dalam koneksi dari web server ke client. 
Zulfiandri dengan dua siswa yang berangkat ekskul
 Masalah dalam koneksi dari web server ke client yaitu, web e-learning kami tidak bisa dibuka di komputer siswa, hanya bisa diakses melalui http://localhost/moodle dan tidak bisa diakses langsung melalui nomor IP web server. Maka kami coba untuk searching di internet untuk mencari solusi dari masalah tersebut.
Alhamdulillah kami memperoleh solusinya, yaitu pada config.php, pada kode wwwroot-nya, yang tadinya http://localhost/moodle diganti dengan nomor IP web server, yaitu http://192.168.1.4/moodle. Setelah config.php kami ubah, kemudian siswa kami minta untuk mencoba membuka lagi alamat tersebut, dan ternyata memang sudah berhasil dapat dibuka di komputer client. Kemudian kami mulai dengan percobaan ujian online dengan moodle tersebut. Siswa yang hadir kami minta untuk mencoba soal-soal yang telah kami siapkan.
Memberikan penjelasan kepada siswa di lab akuntansi

Sekitar pukul 11 siang Ibu Ida masuk lab akuntansi untuk mengecek apa yang sedang kami ajarkan. Beliau kemudian menyampaikan pergantian teknis program magang. Program awal setiap Sabtu untuk kelas XII dengan siswa 20 orang yang dipilih oleh guru, diganti menjadi semua siswa kelas XII akan bergantian setiap Sabtu memperoleh pengajaran tentang e-learning, mulai dari pukul 8 s.d 10, kemudian pukul 10 s.d 11.30 gantian dengan siswa kelas X dan XI yang belajar ekskul TIK, melanjutkan materi pada pertemuan sebelumnya.

0 comments:

Posting Komentar

 
Kelompok 2 D4- ITB © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets