Catatan Magang- Evaluasi untuk tempat magang SMKN 8 Jakarta Selatan

Kamis, 10 November 2011

Kurang lebih sudah 3 bulan kami magang di SMKN 18 Jakarta Selatan, setiap hari Sabtu dari pukul 8.00 s.d 11.30. Kegiatan yang secara rutin kami lakukan tiap kali magang yaitu mengajar e-learning, internet, dan Blender. Pukul 8.00 s.d 10.00 mengajar e-learning untuk kelas XII, tiap pekan 1 kelas, sehingga materi yang kami sampaikan tiap pekannya sama untuk kelas XII. Materi e-elearning yang kami ajarkan yaitu mulai dari pengenalan atau teori tentang e-learning, berupa slide presentasi yang kami gunakan sebagai media penyampaian bahan ajar.
Setelah menjelaskan tentang teorinya, kami melanjutkannya dengan praktek, dengan menggunakan e-learning yang sudah kami buat sebelumnya menggunakan Moodle 2.1. Kami memanfaatkan jaringan lokal yang ada di dalam laboratorium. Laptop milik kami digunakan sebagai servernya, dan komputer siswa di laboratorium yang menjadi klien. Praktek e-learning yang kami lakukan mulai dari pembuatan user-account untuk bisa login ke Moodle-nya, sampai dengan percobaan ujian online yang sudah kami buatkan menggunakan fungsi quiz yang ada di Moodle.

Pukul 10.00 s.d 11.30 berganti dengan siswa kelas X dan XI, namun tidak dari semua siswa. Siswa yang ikut merupakan perwakilan dua orang dari masing-masing kelas. Materi yang kami berikan, mulai dari pembuatan blog, modifikasi template blog, pengisian blog, menambahkan widget pada blog, pembuatan bangun 3 dimensi, pembuatan ruang tamu 3 dimensi dengan menggunakan software Blender. Meskipun dalam tiap pertemuannya tidak semua siswa yang terpilih dapat datang, namun dari siswa yang datang, semuanya terlihat antusias dan mengerjakan apa yang kami tugaskan.

Dari apa yang telah kami lakukan selama magang, evaluasi untuk SMKN 18 antara lain :
1.       Pengawasan terhadap siswa yang terpilih untuk perwakilan kelas yang mengikuti kegiatan magang kami masih kurang, sehingga siswa kelas X dan XI yang hadir setiap kelasnya tidak pernah sesuai dengan jumlah yang seharusnya.
2.       Waktu magang yang singkat, terasa masih kurang untuk menyampaikan semua materi secara menyeluruh.
3.       Koneksi internet yang lambat, sehingga membuat siswa cukup kerepotan ketika ada materi yang harus menggunakan koneksi internet.
Selain dari evaluasi diatas, kami juga berterimakasih kepada Ibu Kepala SMKN 18 Jakarta Selatan, Ibu Ida. Sejak awal kedatangan kami, beliau menyambut kami dengan baik, dan mendiskusikan apa yang sebaiknya akan kami ajarkan bersama-sama. Beliau juga menyempatkan diri untuk datang di setiap waktu magang tersebut, untuk mengontrol apakah kelas ektrakulikuler berjalan dengan baik.



0 comments:

Posting Komentar

 
Kelompok 2 D4- ITB © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets